Pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020 seluruh siswa kelas 9 MTs. Nurul Islam Cigugur Kabupaten Pangadaran sedang mengikuti Gladi Bersih UNBK Tahun 2020, yang diikuti oleh 28 peserta dengan dibagi menjadi 2 sesi. Adapun Proktor Nunu Andriana, S.Pd.I dibantu dua Teknisi yaitu : Suryaman, S.Pd.I dan Hasan Musana, S.Pd.. Gladi Bersih ini dilaksanakan dengan 2 sesi yaitu sesi 1 dari pukul 07.30 – 09.30 wib dan sesi 2 dari pukul 10.30 – 12.30 wib
Penyelenggaraan Gladi Bersih UNBK saat ini menggunakan sistem online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).
Biasanya sebelum ujian, MTs. Nurul Islam Cigugur mengadakan simulasi dan TO UNBK 2020 untuk mengetahui cara login UNBK dan hal teknis lain. Pelaksanaan simulasi bertujuan mencegah siswa mengalami kesulitan akibat kesalahan pelaksanaan ujian, misal error koneksi atau mati listrik. Biasanya sekolah akan memberi tahu siswa jadwal simulasi UNBK 2020, sama seperti pada pelaksanaan simulasi UNBK 2019.
Dengan gladi bersih ini, siswa diharapkan bisa mencari tahu berbagai hal yang berisiko mengganggu pelaksanaan ujian. Madrasah bisa dibantu oleh Helpdesk Kabupaten untuk mencari solusinya sebelum ujian dilaksanakan di berbagai tingkatan sekolah.
Untuk pelaksanaan Gladi Bersih UNBK tahun 2020 merupakan hal yang wajib dikuti oleh semua sekolah dan madrasah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena Gladi bersih dilakukan seolah – olah memang sedang Ujian Utama.